Selasa, 27 September 2022

Tingkatkan Pendapatan Ibu-Ibu PKK Desa Serangai Melalui Hilirisasi Produk Olahan Ikan Rucah yang Bernilai Ekonomis Tinggi

Batik Nau (27/09) Baru-baru ini Tim pengabdian kepada masyarakat yang tergabung dalam Program Kemitraan Masyarakat Stimulus Fakultas Pertanian mengadakan kegiatan penyuluhan dan praktek di Desa Serangai Kecamatan Batik Nau Bengkulu Utara. Kegatan ini di laksanakan oleh Dekan Fakultas Pertanian (Parwito, S.P., M.P), Ketua LPPM Universitas Ratu Samban (Edi Susilo, S.P., M.Si), Dosen Prodi Budidaya Peraiaran ( Indra Warman, S.Pi., M.Si dan Oktamalia, S.Kel., M.Ling) dan Mahasiswa Prodi Agroteknologi (Ira dan Karmila). Kegiatan ini bertemakan “Hilirisasi Produk Olahan Rucah Untuk Menambah Pendapatan Masyarakat di Desa Serangai Kecamatan Batik Nau Kabupaten Bengkulu Utara”. Kegiatan PKMS ini merupakan hibah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mono tahun yang dilaksanakan pada tahun 2022 ini. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat PKMS ini adalah untuk memberikan informasi, memberi memotivasi dan meningkatkan pengetahuan kepada nelayan khususnya Ibu-Ibu PKK dalam memanfaatkan dan mengolah ikan rucah menjadi makanan unggulan dan bisa mempunyai peluang/ menambah nilai agribisnis sehingga harapan kedepannya bisa menambah pendapatan/penghasilan bagi nelayan. 

Kegiatan pelatihan hilirisasi olahan ikan rucah

Arah dan tindakan apa yang dilakukan untuk meningkatkan hasil jual ikan rucah yang dihasilkan di Desa Serangai, tentunya salah satu solusi yang ditawarkan adalah pengolahan hasil ikan rucah menjadi produk unggulan dengan berbagai aneka olahan bercita rasa tinggi dengan packing yang baik serta pemasaran yang modern. Harapannya masyarakat nelayan mempunyai nilai hasil yang lebih tinggi dan bisa berkelanjutan dimasa depan sehingga para nelayan bergairah menggali potensi daerahnya dan bisa menambah pendapatan bagi keluarganya.
Saat ditemui disela-sela kegiatan, Kepala desa bapak Aswari mengatakan “Kami sangat senang adanya kegiatan PKMS yang diadakan oleh Fakultas Pertanian Unras ditempat kami. semoga kegiatan Pengabdian serupa juga dapat dilakukan di desa kami sehingga masyarakat lebih mengetahui potensi-potensi yang ada di desa, sehingga dapat di maksimalkan untuk menambah pendapatan ibu-ibu PKK Mekar sari. Seperti kita lihat ibu-ibu PKK sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Semoga kegiatan ini selalu ada setiap tahunnya dan memberikan dampak yang postitif bagi masarakat kami. Kami ucapkan terimakasih banyak kepada tim yang sudah memberikan ilmunya untuk masyarakat kami semoha menjadi amal jariah (Pungkas Kades).
Berikut dokumentasi kegiatan yang dilakukan oleh Tim PKMS Fakultas Pertanian






Share: