Jumat, 09 September 2016

Visitasi Akreditasi Prodi Agroteknologi oleh BAN PT

Tim asesor BAN-PT yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. Jody Moenandir (Universitas Brawijaya Malang) & Dr. Ir. Sedyo Hartono, M.P (Universitas Gadjah Mada Yogyakarta) Kamis (28/4), mengunjungi Fakultas Pertanian Universitas Ratu Samban . Visitasi ini adalah dalam rangka Akreditasi Program Studi S1 Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Ratu Samban. Tim dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) ini, diagendakan berada di kampus Unras selama 3 hari, 28-30 April 2016. Visitasi diawali dengan acara tatap muka dan dialog dengan pimpinan universitas, fakultas, Prodi, serta unit-unit kerja lain di lingkungan Unras, termasuk pula dengan perwakilan mahasiswa, dan diteruskan dengan kunjungan lapang. 

Prof. Dr. Jody Muoenandir selaku ketua tim asesor mengatakan, "Kami ini hanya untuk mengecek kesesuaian apa-apa yang ada dalam portofolio/borang yang telah dikirimkan Fakultas Pertanian Prodi Agroteknologi Unras kepada BAN-PT di Jakarta dengan kenyataan sebenarnya". Untuk itulah, ia berharap sivitas akademika Unras memberikan keterangan yang apa adanya atas pertanyaan-pertanyaan tim asesor.

Sebelumnya, Rektor Dr. Sugeng Suharto mempresentasikan secara ringkas Sejarah Universitas Ratu Samban. Diuraikan segala sesuatu tentang Unras. Mulai dari visi dan misi, sampai pada keinginan untuk menjadi universitas unggul yang mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat . Disampaikan pula prestasi-prestasi yang dicapai Unras selama ini di segala bidang, seperti peningkatan Akreditasi Prodi yang ada di Unras, peningkatan layanan mahasiswa dan website Unras.

Seusai tatap muka dengan civitas akademika Unras, acara dilanjutkan dengan tanya jawab dengan pimpinan Fakultas Pertanian yaitu Edi Susilo, S.P., M.Si dengan pengecekan dokumen-dokumen pendukung dari standar yang telah di uraikan dalam borang Institusi. Dilanjutkan dengan tanya jawab dengan Ketua Program Studi Agroteknologi Saudara Parwito, S.P., M.P dan sama melakukan pengecekan dokumen-dokumen pendukung dari standar yang telah di uraikan dalam borang prodi. Penilaian, meliputi: kepemimpinan, kemahasiswaan, sumberdaya manusia, kurikulum, prasarana dan sarana, pendanaan, tatapamong, sistem pengelolaan, sistem pembelajaran, sarana akademik, sistem informasi, sistem jaminan mutu, lulusan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kemudian dilanjutkan dengan tatap muka dengan mahasiswa, alumni dan penguna. Dan diakhiri dengan serah terima berita acara dari Tim Asesor kepada pimpinan universitas, fakultas dan program studi.
Share: