Rabu, 07 September 2016

Imron Tawarkan Unras Kelola Wisata Enggano


ARGA MAKMUR (23-01-2016)– Bupati Bengkulu Utara (BU) Dr. Ir. HM Imron Rosyadi, MM, M.Si menawarkan Universitas Ratu Samban (Unras) mengelola wisata Laut Enggano yang akan mulai dibangun tahun ini. Pernyataan ini disampaikan Bupati Imron dalam acara doa bersama dalam rangka Dies Natalis di aula Unras kemarin (22/1).

Unras bersama mahasiswanya diharapkan mampu bekerjasama dengan Pemda BU dan provinsi mengelola salah satu objek wisata yang akan dibangun di Enggano. Apalagi, Imron selama ini sudah melakukan beberapa penelitian tentang potensi wisata laut di Enggano.   “Saya tawarkan Unras ikut mengelolanya, itu potensi BU yang akan jadi potensi Bengkulu. Saya berharap Unras dan mahasiswanya bisa berpartisipasi,” ajak Bupati.

Imron juga sudah mengajak Unib dan UMB ikut bekerjasama mengelola rencana wisata laut Enggano. Dia yakin dengan sentuhan perguruan tinggi, potensi wisata Enggano akan makin maju dan berkembang dan jadi tatanan ilmu bagi mahasiswa. “Saya sudah bekerjasama dengan Unib untuk melihat potensi terumbu karang bawah laut. Hasilnya terumbu karang bawah laut kita masih 75 persen, itu di atas terumbu karang di Raja Ampat yang hanya 50 persen. Makanya tahun ini kita mulai mengelolanya,” beber Imron.

Imron yang juga Ketua Dewan Penyantun Yayasan Unras memastikan Unras tidak akan pernah tutup. Ini menepis isu yang belakangan dihembuskan. Pernyataannya ini juga didengar ratusan siswa SMA yang juga diundang hadir dalam acara Dies Natalis. “Saya tegaskan sampai kapanpun Unras tidak akan tutup, itu hanya isu. Kondisi Unras sangat baik, bahkan lebih baik dari universitas swasta yang sudah lama berdiri,” tegas Imron.

Terpisah, Rektor Unras Dr. Sugeng Soeharto, MM, M.Si menjelaskan salah satu prioritas dalam masa kepemimpinannya adalah kemandirian perguruan tinggi. Maklum, saat ini Unras masih dapat subsidi dari Pemda BU. “Pelan-pelan kami ingin mandiri, termasuk soal pendanaan kampus,” beber Sugeng.

Dia sudah banyak mengubah jam kerja yang semula siang – sore jadi pagi-siang. Bahkan, Sugeng merekrut Prof asal Unib untuk membantunya bekerja sebagai Wakil Rektor di Unras. “Saya harapkan dengan adanya Pak Prof Priyo maka kita akan lebih mengedepankan penelitian baik dosen maupun mahasiswa,” kata Sugeng.

Selain Bupati dan pejabat Unras, acara doa bersama kemarin dihadiri pejabat Pemda BU dan FKPD. Doa bersama merupakan acara pertama sebelum dilanjutkan dengan beberapa event lainnya. Sumber: web.unras.ac.id (qia)
Share: